Posted on: July 10, 2023 Posted by: adminmajalah Comments: 0
Spread the love

  Banyumas – (10/07/2023) Perpustakaan Griya Ilmu Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Juara 1 dalam lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Banyumas pada tahun 2022. Keunggulan perpustakaan tersebut adalah perpustakaan Posyandu Terpadu maksudnya perpustakaan di sini selain untuk membaca juga untuk penimbangan balita. Ibu-ibu sebelum dan sesudah menimbang balitanya dapat membaca dan meminjam buku di perpustakaan. Perpustakaan juga dilengkapi dengan WIFI, jadi ibu-ibu posyandu dapat mengakses internet untuk menambah pengetahuan. Dengan adanya Perpustakaan Posyandu Terpadu dapat memfasilitasi ibu-ibu yang mempunyai balita untuk dapat membaca dan meminjam buku di perpustakaan dan mengakses internet sambil menimbang balitanya. Mereka bisa mengakses informasi seputar perkembangan balita, tumbuh kembang anak, kesehatan balita, MP ASI, resep masakan yang nantinya dapat diterapkan dalam rumah tangga, sehingga dengan membaca akan melahirkan generasi cerdas yang berasal dari ibu-ibu yang cerdas. Selain sebagai taman baca masyarakat, perpustakaan juga dilengkapi dengan WIFI untuk mengakses internet.

  Sebelumnya Perpustakaan Griya Ilmu mendapatkan juara 3 lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten pada tahun 2021. Perpustakaan yang terletak di Dusun Sindang Karangkemiri RT 07/04 dan menempati  gedung seluas 70 m2. Saat ini setidaknya ada 500 judul buku dengan berbagai jenis kategori menjadi koleksi perpustakaan. Saat ini perpustakaan telah bertransformasi, perpustakaan tidak sekedar untuk tempat membaca dan meminjam buku, namun peran perpustakaan desa juga bisa mengembangkan keterampilan masyarakat dengan cara mengadakan pelatihan pelatihan seperti membuat pengharum ruangan, membuat kerajinan dari limbah plastik bekas kopi, membuat bros, dll. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan bagi ibu-ibu dan remaja agar dapat meningkatkan ekonominya.

  Kepala Desa Karangkemiri Subur Topo Prikhanto senantiasa mendukung pemenuhan sarana prasarana perpustakaan melalui anggaran dana desa, seperti penambahan buku koleksi perpustakaan, pengadaan rak buku, meja baca, dll. Perpustakaan Griya Ilmu menerima sumbangan buku/hibah dari berbagai pihak beliau juga berupaya menggandeng pihak ketiga dalam pengadaan buku-buku baru. Perpustakaan Griya Ilmu juga mengadakan MOU dengan Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, PKK, Posyandu, instansi pendidikan yang ada di desa seperti PAUD, TK, dan SD untuk mengembangkan koleksi buku, dan memberikan layanan kepada masyarakat sekaligus sebagai pusatnya melakukan kegiatan dan mencari informasi.

Kontributor: Inggit Linata, S.Pd., SD. (SD N 1 Karangkemiri, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah)

Kunjungan:42
Hari Ini: 1
Total: 14235

Leave a Comment