Posted on: December 4, 2023 Posted by: adminmajalah Comments: 0
Spread the love

  Banyumas-3/12/2023. Peluncuran Buku “Renjana Pemelajar” dilaksanakan saat Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Provinsi Jawa Tengah. Judul kegiatan yang diambil adalah Panen Hasil Belajar. Acara dilaksanakan di Gedung PGRI Kabupaten Banyumas tanggal 3 Desember 2023. Buku ini merupakan buah dedikasi dan persembahan dari para guru yang terlibat dalam kegiatan Program Guru Penggerak Angkatan 8. Melalui pengalaman, perjalanan, dan semangat kolaboratif, “Renjana Pemelajar” hadir sebagai refleksi dari perjalanan mereka dalam menjelajahi dunia pendidikan yang selalu dinamis dan menginspirasi. Buku yang diterbitkan Penerbit Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat (Anggota IKAPI) ini mendapat sambutan hangat dari Drs. Joko Wiyono, M.Si., selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Program Guru Penggerak merupakan program Pemerintah dalam mencetak pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Buku ini merupakan buah dedikasi dan persembahan dari para guru yang terlibat dalam kegiatan Program Guru Penggerak Angkatan 8. Melalui pengalaman, perjalanan, dan semangat kolaboratif, “Renjana Pemelajar” hadir sebagai refleksi dari perjalanan mereka dalam menjelajahi dunia pendidikan yang selalu dinamis dan menginspirasi.

Buku ini tidak sekadar rangkaian kata, tetapi pencerminan dari kerja keras para guru untuk memberikan yang terbaik bagi para siswanya. “Renjana Pemelajar” menggambarkan semangat untuk terus belajar, tumbuh, dan berinovasi dalam proses pembelajaran. Dalam setiap halaman, Pembaca akan menemukan gagasan, pengetahuan, serta pengalaman yang dikumpulkan dari lintasan mereka sebagai pendidik. Saya percaya bahwa dalam setiap kata yang terpatri, terdapat semangat untuk mencerahkan pikiran, menggugah kreativitas, dan menginspirasi generasi masa depan.

Buku ini tidak akan terwujud tanpa dedikasi dan dukungan yang luar biasa dari seluruh tim yang terlibat. Saya ucapkan terima kasih yang tulus kepada para guru penggerak, dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi berharga dalam penyusunan buku ini. Saya berharap, setiap halaman dari “Renjana Pemelajar” ini dapat memberikan inspirasi, memberdayakan, dan membantu para pembaca, baik mereka yang berada di dunia pendidikan maupun di luar sana, untuk terus memperjuangkan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak kita, cikal bakal masa depan bangsa.

Akhir kata, mari kita terus menginspirasi, belajar, dan berbagi, karena hanya melalui upaya bersama kita dapat mewujudkan perubahan yang lebih baik dalam dunia pendidikan. Salam Guru Penggerak: tergerak, bergerak, menggerakkan! Ujar Drs. Joko Wiyono, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

  Sulikin, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X berpesan bahwa Peran Guru Penggerak dalam memajukan pendidikan sangatlah strategis. Melalui Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-8 Kabupaten Banyumas Tahun 2023 diharapkan nantinya guru dapat menjadi pemimpin pembelajaran pada lingkungan belajarnya.

Peran Guru Penggerak dalam memajukan pendidikan sangatlah strategis. Melalui Pendidikan Guru Penggerak angkatan ke-8 Kabupaten Banyumas Tahun 2023 diharapkan nantinya guru dapat menjadi pemimpin pembelajaran pada lingkungan belajarnya, mampu menggerakan komunitas belajar, menjadi contoh sekaligus coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan mampu mewujudkan kepemimpinan bagi murid itu sendiri. Proses Pendidikan Guru Penggerak yang telah dijalani selama kurang lebih 6 bulan ini diharapkan nantinya dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya dan berpihak pada murid. Proses pendidikan dan pengajaran yang tentunya melibatkan suara, pilihan dan kepemimpinan murid itu sendiri (student agency) sehingga nantinya akan dapat mengantarkan pendidikan pada generasi emas Tahun 2045. Selamat dan Terus Berkarya Guru Penggerak Hebat. Ujar Sulikin, S.Pd., M.Pd., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X

  Tidak lupa Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Sarno, S.Pd., S.H., M.Si. memberikan testimoni untuk buku tersebut.

Renjana Pemelajar merupakan untaian gerak pena berisi suara hati penulis yang dituangkan dalam puisi dan kisah inspiratif dari para calon guru penggerak angkatan 8 Kabupaten Banyumas tahun 2023. Berisi hal menarik yang penulis alami selama mengikuti PGP angkatan 8.” Ujar Sarno, S.Pd., S.H., M.Si. yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

  Perwakilan penulis Wahyu Yuliawan berharap buku Renjana Pemelajar bisa menjadi amal jariyah para kontributor.

Semoga semua kebaikan yang telah berjasa dalam penulisan buku ini mendapat balasan dari Allah SWT sebagai amalan maqbulan.

 

Kunjungan:278
Hari Ini: 3
Total: 10237

Leave a Comment