Posted on: December 2, 2023 Posted by: adminmajalah Comments: 0
Spread the love

  Semarang – 1/12/2023. Pedoman dan Standard Operasional Procedure (SOP) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) disahkan pada Jumat, 1 Desember 2023, di Hotel Soyan, Menteng, Jakarta Pusat, dalam momentum Tanwir ke XXXII.

  Pedoman dan SOP PPKS yang diusung oleh bidang IMMawati Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Tengah ini telah melalui proses riset Bidang IMMawati IMM Jawa Tengah dari Oktober 2022 sampai dengan Mei 2023 sebagai respon terhadap banyaknya ruang-ruang yang belum memberikan rasa aman untuk IMMawati dan IMMawan.

DPD IMM Jateng Rilis Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

  “Materi SOP merupakan kumpulan gagasan dan juga pendalaman terhadap kasus yang pernah terjadi di dalam IMM,” ungkap Nia Nur Pratiwi, S. Pd., ketua bidang IMMawati DPD IMM Jawa Tengah diwawancarai Rabu, 13 Desember 2023. Buku SOP PPKS kemudian diterbitkan melalui penerbit Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat (anggota IKAPI) yang bisa di pesan secara langsung melalui IMMawati Jawa Tengah secara langsung atau di penerbit Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat.

  Beberapa bidang yang turut terlibat adalah bidang Hukum dan HAM, bidang IMMawati dan seluruh bidang di DPD IMM Jawa Tengah juga turut mensukseskan penuh pengajuan pedoman dan SOP ini. Materi Pedoman dan SOP PPKS ini di antaranya seperti latar belakang, dasar hukum, tujuan, sasaran, tugas dan wewenang Satgas PPKS, bagian dan struktur Satgas PPKS, kode etik dan prinsip pelaksanaan. Selain itu, disebutkan dalam draft penyusunan SOP Satgas PPKS ini seperti pencegahan seksual, penanganan, alur dan SOP penanganan kekerasan seksual, formulir dan format administrasi penanganan kekerasan seksual.

  “Harapannya dengan adanya Standar Operasional Prosedur ini, perlindungan dan pengamanan terhadap seluruh kader baik IMMawati maupun IMMawan dapat terpenuhi secara menyeluruh,” sambung Nia.

DPD IMM Jawa Tengah juga berharap segala bentuk kekerasan seksual dalam bentuk apapun dapat di hapuskan dalam tubuh IMM secara menyeluruh dan bisa menyentuh ke semua lini dalam setiap perkaderan. (*)

Kunjungan:130
Hari Ini: 4
Total: 10231

Leave a Comment