Posted on: September 22, 2023 Posted by: adminmajalah Comments: 0
Spread the love

  Banyumas- Jumat, 22/09/23 Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat bekerjasama dengan TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon dan Universitas Harapan Bangsa adakan pendidikan kesehatan bertema Cegah GERD Sejak Dini: Kenali dan Atasi GERD Secara Tepat. Selain itu dilaksanakan juga pengecekan gula darah gratis atas dukungan Apotek Vindi Farma dan Apotek Anova, serta pembagian media edukasi kesehatan dan karakter Pancasila berupa Majalah Sekolah Sehat Indonesia secara gratis kepada peserta.

  Acara tersebut menggandeng pengajian rutin POM (Persatuan Orang Tua Murid) TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon dengan narasumber apt. Mega Kartikasari, S.Farm., M.Biomed. selaku sekretaris Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat, dosen Universitas Harapan Bangsa dan Owner sekaligus Apoteker di Apotek Vindi Farma dan Apotek Anova Ajibarang.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau biasanya disebut sebagai penyakit refluks gastroesophageal merupakan suatu keadaan terjadinya reflux cairan asam lambung ke dalam esofagus. Pasien GERD umumnya mengeluhkan rasa panas di dada yang biasanya timbul setelah makan atau saat berbaring. Gejala lain GERD adalah kembung, mual, cepat kenyang, bersendawa, sulit menelan, dan rasa nyeri saat menelan makanan. Sulit menelan timbul akibat struktur dari esofagus yang merupakan komplikasi lanjut dari penyakit GERD. Sedangkan rasa nyeri saat menelan timbul sebagai akibat dari luka pada esofagus atau ketika terjadi infeksi. Farmakoterapi sampai dengan monitoring penggunaan obat dan edukasi terhadap pasien GERD merupakan suatu tantangan untuk apoteker. Sehingga kami rasa penting kiranya Wali murid mengenali, mengatasi dan mencegah GERD sejak dini. Kegiatan ini bersamaan dengan Pengajian rutin POM TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon. Semoga bermanfaat. Ujar apt. Mega Kartikasari, S.Farm., M.Biomed.

  Serli Kurnia Laeli, S.Pd selaku Kepala Sekolah TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon berharap acara seperti ini bisa dilaksanakan di lain waktu dengan bekerjasama dengan Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat agar memberikan manfaat lagi bagi Walisiswa di TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon.

Terima kasih kami ucapkan untuk yayasan masyarakat Indonesia Sehat yang sudah bekerja sama dengan TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon untuk kegiatan kesehatan hari ini, alhamdulillah banyak manfaat yang bisa diambil terutama mengenai GERD, orang tua siswa juga senang mendapatkan ilmu dan cek kesehatan secara gratis. Di lain waktu semoga bisa memberikan informasi yang lebih manfaat lagi bagi Walisiswa di TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon. Ujar Serli Kurnia Laeli, S.Pd

  Sejalan dengan Kepala Sekolah, Hj. Faiqoh Achmadi selaku Ketua POM TK Aisyiyah 1 Ajibarang Kulon menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya acara tersebut dan berharap dapat dilaksanakan kembali di lain waktu.

Alhamdulillah tabarokallah. Hari ini POM Aisyiyah 1 Ajibarang kulon melaksanakan kegiatan rutin pengajian Jum’at mubarok. Alhamdulillahnya ada penyuluhan kesehatan oleh ibu Maga Kartika Sari, S.Farm., M.Biomed. tentang penyakit GERD yang di mana kami masih minim tentang ilmu GRED. Yang insyaAlloh menambah pengalaman kami, menambah ilmu tentang kesehatan. Apalagi ada cek gula darah gratis bikin semangat ibu-ibu POM. Kami selaku ibu-ibu POM berterimakasih banyak Atas ilmu yang disampaikan ke kami. Semoga di lain waktu bisa kembali berbagi ilmunya tentang kesehatan. Jazakumulloh khoiron. Ujar Hj. Faiqoh Achmadi

Kunjungan:41
Hari Ini: 1
Total: 14238

Leave a Comment