Posted on: October 15, 2023 Posted by: adminmajalah Comments: 0
Spread the love

  Cilacap Jawa Tengah-Ahad, 15/10/23 Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat – Hasan Al Basri. Manusia sebagai makhluk sosial tak lepas dari kegiatan hubungan dengan orang lain. Maka menjadi penting bagi manusia untuk dapat bergaul yang baik dengan sesama. Apalagi bagi umat Islam Indonesia, ada perkara-perkara yang perlu dikaji dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia. Hal ini yang mendasari Angkatan Muda Muhammadiyah Cilacap mengadakan Kajian Akbar dengan tema “Bertemanlah Hingga Ke Syurga”. Kajian tersebut dilaksanakan dalam rangka menambah pengetahuan tentang pertemanan dalam pandangan Islam yang mampu mengantarkan sampai ke syurga.

  Kajian dilaksanakan pada hari Ahad 15 Oktober 2023 bertempat di Masjid Al Hikmah Jalan Damar Tritih Kulon Cilacap. Adapun peserta kajian terdiri dari semua unsur AMM Cilacap. Yakni Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci Muhammadiyah, Hizbul Wathan Cilacap dan juga pemuda Al-Kahfi. Suksesnya kegiatan Kajian AMM ini atas kerjasama dengan Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat dan Pemuda Al-kahfi. Yang didukung oleh LAZISMU CILACAP.

  Kajian diawali oleh prakata panitia kajian AMM yang diwakili oleh saudara Faturachman. Dalam sambutannya, Mas Fatur yang juga Ketua Pemuda Al-kahfi menyampaikan selamat datang sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta kajian. Beliau menambahkan, tujuan kegiatan ini yakni menambah wawasan keislaman, kemuhammadiyahan, dan kebangsaan. Serta, tidak lupa mengingatkan untuk selalu rajin belajar dan menjadikan pembicara sebagai inspirasi untuk bekal menjalani kehidupan agar sukses di masa depan. Hamidan Majdi Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cilacap, Mendukung kegiatan ini dilakukan setiap bulan Sebagai wadah untuk mengasah dan mengasuh pengetahuan keilmuan.

  Acara selanjutnya adalah acara inti. Adapun pengisi kajian AMM adalah seorang aktivis muda dari Ajibarang, Banyumas yakni Apt. Lukman Hakim, S.Farm, M.Biomed (Ketua Umum Yayasan Masyarakat Indonesia Sehat). Pemuda berprestasi yang pernah menjadi Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di bidang Pendidikan tahun 2016. Pembawaan yang tenang dalam memberikan motivasi pertemanan islami membuat peserta kajian menyimak seksama penjelasan yang disampaikan.

  Mas Lukman Hakim mengawali dengan cerita masa kecilnya. Masa yang beliau lalui dengan kenakalan anak kecil pada umumnya. Senang berkelahi dan kenakalan-kenakalan lainnya. Sampai menjelang dewasa masa beliau kuliah di Farmasi UMP, Mas Lukman Hakim menemukan jati diri. Diawali dengan mengikuti kegiatan IMM, kemudian berteman dengan aktivis-aktivis Muhammadiyah membuka cakrawala keimanan dan pengetahuan baru bagi Mas Lukman. Yang akhirnya membuat beliau jadi pemuda sukses di masa muda.

  Mas Lukman yang juga sebagai Sekretaris Jenderal Perkumpulan Apoteker Seluruh Indonesia, berpesan kepada semua peserta kajian untuk selalu berteman dengan orang yang mengajak pada kebaikan dan ketaatan kepada Allah. Beliau mengajak peserta untuk merenungi Surat Al ‘Ashr. Dalam Firman Allah tersebut mengandung makna yang mendalam dalam kajian pertemanan Islami. Menurut Mas Lukman berdasarkan renungan dari Surat Al’Ashr teman yang baik adalah teman yang menambah rasa iman serta mengajak untuk melakukan amal shaleh. Serta teman yang menasehati dalam kebaikan dan dalam kesabaran. Dengan kriteria teman yang baik tersebut insyaallah akan membawa kita menjadi lebih baik dan akan bergerak bersama dalam kebaikan. Dan akhir yang diharapkan adalah akan bersama masuk ke Syurga Allah.

(Kontributor: Kamal)

Kunjungan:408
Hari Ini: 2
Total: 14236

Leave a Comment