Oleh: Dewi Puspitasari Wanti Asih, S.Pd. (Kepala SDN 1 Muneng Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur)
“Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.”
Slogan tersebut berasal dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang tersirat dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan. Slogan tersebut bertujuan untuk mendorong kemajuan pembelajaran bahasa asing di Indonesia tanpa melunturkan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia yang merupakan identitas nasional bangsa dan melestarikan bahasa daerah yang menjadi bagian dari Indonesia.
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang penting untuk dikuasai di era globalisasi ini. Menanamkan kemampuan bahasa Inggris pada usia sekolah dasar akan memberikan keuntungan bagi anak dalam berbagai aspek kehidupan. Menurut Santoso tahun 2014, Pertama, mempersiapkan lebih awal anak didik untuk menguasai bahasa asing. Penguasaan bahasa asing merupakan pintu masuk untuk memasuki masyarakat dunia yang global (gloablisasi). Kedua, sebagai sarana untuk menyerap ilmu pengetahuan yang berkembang di negara-negara lain dan sebaliknya menjadi media untuk menyebarkan ilmu pengetahuan yang berkembang di Indonesia ke luar. Untuk itu, pembelajaran bahasa Inggris tidak harus membosankan dan menakutkan bagi anak-anak. Agar anak-anak belajar dari kesadaran diri akan pentingnya belajar bahasa asing dan menyenangkan. Berikut beberapa ide pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan untuk anak sekolah dasar.
- Bermain Peran (Role-Playing)
Bermain peran adalah cara yang efektif untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak. (Purnaningsih, Pari, dkk, 2022). Anda bisa memberikan skenario seperti berpura-pura menjadi dokter, Apoteker, penjual es krim, atau pegawai restoran dan lain sebagainya. Anak-anak dapat menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan dan situasi nyata. Bermain peran ini tidak hanya akan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, tetapi juga kreativitas dan kepercayaan diri anak.
- Menggunakan Lagu dan Musik
Menggunakan lagu dan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat membuat anak lebih tertarik dan mudah mengingat kosakata serta struktur kalimat (Sophya, 2013). Anda dapat memilih lagu anak-anak yang memiliki lirik berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Selain itu, menggunakan gerakan dan tarian sederhana juga dapat menambah kesenangan saat belajar bahasa Inggris.
- Membaca Buku Bergambar
Membaca buku bergambar adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan kosakata dan meningkatkan pemahaman bahasa Inggris anak-anak (Fajriyah, Inayatul., 2013). Pilihlah buku dengan cerita sederhana dan gambar yang menarik. Bacakan cerita tersebut dengan intonasi yang jelas dan beri waktu pada anak-anak untuk mengamati gambar dan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab.
- Aktivitas Berbasis Games
Memanfaatkan permainan sebagai sarana pembelajaran bahasa Inggris dapat membuat anak-anak semakin tertarik (Fatima, Whinny Qori.,dkk, 2019). Anda dapat membuat permainan seperti kata benda berantai, tebak-tebakan kata, atau bahkan board game dengan instruksi dalam bahasa Inggris. Aktivitas-aktivitas ini akan membantu anak-anak untuk mengasah kosa kata dan pemahaman tata bahasa mereka dengan cara yang menyenangkan.
- Menonton Film atau Acara TV dalam Bahasa Inggris
Menonton film atau acara TV dalam bahasa Inggris adalah cara yang efektif untuk membiasakan anak-anak dengan kosakata dan intonasi bahasa Inggris yang autentik (Megawati, dkk., 2021). Pilihlah program yang sesuai dengan usia dan minat anak-anak, serta pastikan ada subtitle dalam bahasa Inggris untuk membantu pemahaman mereka. Diskusikan cerita dan kosakata yang muncul setelah menonton, sehingga anak-anak dapat memperluas pengetahuan mereka tentang bahasa Inggris.
Dalam mengajar bahasa Inggris kepada anak sekolah dasar, penting untuk mengintegrasikan aktivitas yang menyenangkan dan interaktif. Dengan memanfaatkan berbagai ide pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan seperti bermain peran, menggunakan lagu dan musik, membaca buku bergambar, serta melakukan aktivitas berbasis games dan menonton film, anak-anak akan lebih termotivasi dan lebih mudah mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Ingatlah untuk selalu menjaga suasana belajar yang positif dan memberikan pujian yang membangun pada setiap kemajuan yang mereka capai.
Referensi:
- Fajriyah, Inayatul. 2013. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Purwodinigratan 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Fatima, Whinny Qori., Khairunisa, Livia., Priatna Daris Chandra., Prihatminingtyas, Budi. 2019. Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Game Pada Panti Asuhan Al Maun di Desa Ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 19 September 2019 Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang.
- , Harimurti, Eka Rista., Nurwiatin, Neng., Nurhasanah. 2021. Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Reseacrh and Development Journal of Education, 7(2), 363-372
- Purnaningsih, Pari., Sukmawati, Nur Najibah., Isnaeni, Resti. 2022. Penerapan Role Play dalam Basic English Conversation Untuk Anak-Anak Griya Yatim Dhuafa Permata Pamulang. JCRS (JOURNAL OF COMMUNITY RESEARCH AND SERVICE), Vol. 6 No. 2, August 2022
- Santoso, Iman. 2014. Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi Dan Hegemoni. Bahasa & sastra, Vol. 14, No.1, April 2014
- Sophya, Ida Vera. 2013. Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember 2013.
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan